Hospitalis Cafe Sajikan Sensasi Menjadi Pasien Rumah Sakit






Pengusaha cafe makin kreatif mengemas tempat usahanya. Seperti yang tampak pada sebuah cafe di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namanya Hospitalis Restaurant & Bar. Di tempat itu , pengunjung disuguhkan dengan nuansa berada di sebuah klinik atau rumah sakit.

Lihat saja, mulai dari kursi, yang didesain selayaknya kursi roda. Begitu pula meja, yang lebih mirip kepada ranjang tempat tidur pasien di rumah sakit.

Beragam property medis pun ditempatkan di ruangan. Misalnya Jarum suntik, kantung infus, alat untuk menensi, gambar-gambar anatomi tubuh manusia.

Dinding ruangan pun tak luput dari sentuhan bertemakan rumah sakit. Dengan latar putih, beragam gambar-gambar atau mural berukuran besar medis terpampang di salah satu bagian tembok. Seperti contohnya mural soal aktivitas para suster di rumah sakit, suster yang sedang melayani pasien yang terbaring sakit.

Tidak hanya itu. Dokter dan para perawat yang biasanya hanya terlihat di rumah sakit pun bisa ditemui di Hospitalis. Mereka tidak lain adalah para staff atau manajemen Hospitalis yang menggunakan kostum ala dokter atau perawat.



Soni Aditya (29), pengunjung, mengaku kaget saat pertama datang Senin (17/11/2014). Apa yang dijumpainya di kafe itu, ia nilai sangat unik dan berbeda dari kafe-kafe lain.

"Baru tadi diajakin sama pacar saya ke sini. Tempatnya bagus, kreatif," kata Soni. Tak ingin menghilangkan moment, beberapa kali Soni tampak mengabadikan suasana di dalam kafe menggunakan ponsel pintarnya.

Sementara itu, hampir semua pengunjung kafe juga mengabadikan keberadaan mereka di Hospitalis Restaurant & Bar dengan berfoto dengan para pegawai kafe yang mengenakan kostum ala suster dan dokter.

"Penasaran saja pengin datang ke sini setelah dikasih tahu teman. Dan tempatnya memang asyik. Berada jadi pasien di rumah sakit, ha-ha-ha," ujar Diptya (26), pengunjung lainnya.

Sejak dibuka 23 Mei 2014 lalu, kata Erik Purnawan selaku Manager Hospitalis Restaurant & Bar, banyak masyarakat yang datang ke sana, didorong oleh rasa penasaran.

"Sejauh ini pelanggan sudah banyak. Itu karena kami memberikan sesuatu yang unik daripada kafe-kafe atau restoran di sekitar Jalan KH Ahmad Dahlan atau kawasan Radio Dalam," jelasnya.

Memiliki kapasitas 50 orang, kata Erik pihaknya ingin menyasar semua kalangan. "Untuk waktu kedatangan, siang sama malam balance. Siang, biasanya pekerja kantoran dan mahasiswa. Kalau malam lebih ke family atau komunitas tertentu. Juga orang-orang yang ingin beristirahat saat terjebak kemacetan di kawasan Radio Dalam."


Seperti pasien



Ini adalah sensasi makan yang unik. Perawat cantik berambut warna-warni segera menyambut para pengunjung yang datang, mempersilahkan duduk di kursi-kursi yang lebih mirip dengan kursi roda. Penyajian makanan dan minuman pun tidak biasa. Beberapa minuman, disajikan menggunakan kantung infus. Selayaknya proses menginfus pada umumnya, air minum itu akan menetes perlahan melalui selang ke dalam gelas yang berada di bawahnya.

Piring yang digunakan pun selayaknya piring yang dipakai untuk makan para pasien di rumah sakit. Termasuk saus yang ditempatkan di dalam alat suntikan.

"Seperti halnya perawat yang melayani pasien dengan keramahtamahan," kata Erik.

Berbagai menu menarik disajikan di kafe ini, baik menu lokal, western atau menu asia. Seperti aneka pasta, steak, pizza, sushi. Adapula menu-menu lokal seperti nasi goreng, ayam rica-rica, ayam bakar dan masih banyak lagi.

Adapun penamaan menu juga berkaitan dengan istilah-istilah kesehatan. Misalnya menu Chicken Immunity, Fish Anemia, Ambulantory Rice (Nasi Goreng), Microscopic Sushi, Parasitic Chocholate, Protozoal Brownies, Beef Inhibitor, Potato Hysterectomy. Harga untuk makanan dan desert, berkisar Rp21.000-Rp59.000.



Menu best sellernya adalah Thailand Chicken Allergic atau Thailand Style Chicken Gapao. Makanan berbanderol Rp 59.000 ini terdiri dari nasi, telur setengah matang, capcay. Cara memasaknya, ayam ditumis dengan sayuran daun basil, cabai rawit mewah, papika hijau, jagung muda dan disajikan dengan kerupuk.

"Makanan ini dimasak dengan bumbu khas Thailand," kata Erik.

Untuk minuman, tersedia alkohol dan non alkohol, termasuk wine yang bisa Anda nikmati di kafe ini. (Fha)

Hospitalis Restaurant & Bar
Jln. K.H Achmad Dahlan No.31
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Operasional: Senin-Jumat: 11.00-01.00, Sabtu-Minggu:11.00-02.00
Email : hospitalisrestoandbar@gmail.com
Twitter : @hospitalisjkt
FB : Hospitalis Jakarta

0 Responses

Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini