Saung Liwet Kang Nana Subang







Berwisata ke Kota Subang jangan melewatkan untuk mencicipi makanan khas setempat, nasi liwet. Pedagang nasi liwet ini dapat kita temui di banyak tempat di Kota Subang. Tetapi, Saung Liwet Kang Nana yang berada di Jalan Raya Subang-Pamanukan KM03, tepatnya di Desa Sukamelang, Kecamatan Subang menjadi salah satu restoran terkenal dengan nasi liwetnya. Berbagai menu khas sunda lain juga bisa ditemui di tempat makan dengan konsep tradisional itu. 

Di tempat tersebut, Nasi liwet yang memiliki rasa gurih disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam, bebek, gurame, nila, belut dan lauk-lauk lain. Tidak ketinggalan pula sambal dan aneka lalapan segar yang dihadirkan sebagai pendamping. 

"Yang kami ingin tonjolkan di sini adalah nasi liwetnya, karena itu sangat khas bagi masyarakat sunda," kata Mulyaniyana, pemilik Saung Liwet Kang Nana..

Berbagai lauk-pauk, kata pria yang karib disapa Kang Nana itu, memiliki beberapa pilihan cara masak berbeda, sesuai keinginan dari pemesan. "Tapi yang paling populer bakar-bakarannya, misalnya ayam bakar, bebek bakar atau ikan bakar," jelasnya. 

Saung Liwet Kang Nana memang dikonsep sebagai tempat makan untuk keluarga. Untuk itu, menu-menu yang ditawarkan lebih banyak menu paket dengan porsi besar. 

"Ini kalau dihitung-hitung justru lebih terjangkau. Misalnya menu seekor ayam bakar, nasi, lalapan, minum, hanya Rp100 ribu dan bisa dinikmati empat sampai lima orang. Menu bebek juga kami jual per paket, dengan harga tidak jauh berbeda," katanya.



Nuansa alam

Selain menyajikan menu-menu Sunda yang lezat, Saung Kang Nana terkenal karena memiliki konsep yang unik. Seperti namanya, masyarakat bisa menikmati makanan di secara lesehan di dalam saung-saung bambu. Beberapa Saung letaknya di atas kolam ikan. Suasana alami makin kental karena di bagian belakang Saung Liwet Kang Nana lita bisa menyaksikan hamparan persawahan. 

Menjadi destinasi wisata kuliner di Subang, Saung Liwet Kang Nana juga melengkapi diri dengan fasilitas bermain anak. 

"Konsep saung sengaja saya pilih saat pertama tempat ini berdiri, Maret 2008. Tujuannya ya ingin menghadirkan suasana lain, suasana pedesaan sehingga pelanggan bisa menikmati makanan sambil bersantai menikmati alam," katanya.

Rasa makanan yang lezat dan tempat yang nyaman inilah yang membuat Naman (40) mengajak keluarganya makan siang di sana setiap akhir pekan. 

"Di Subang Saung Liwet Kang Nana sudah sangat terkenal. Saya hampir tiap minggu bersama keluarga datang ke sini. Ingin cari suasana lain saja," kata warga asli Subang itu.

Saat ini terdapat 36 Saung tempat makan. Tetapi, pada Maret 2014 Kang Nana akan menambah lagi sebanyak 17 saung lengkap dengan panggung hiburan.

"Animo masyarakat datang ke sini sangat tinggi. Bahkan di hari-hari tertentu, khususnya weekend atau hari libur, pelanggan sampai mengantre untuk bisa dapat tempat. Makanya kami ini sedang melakukan perluasan dan penambahan saung," ungkap Kang Nana.

Saung Liwet Kang Nana

Jalan Raya Sukamelang Km03 Subang
Jam operasi: 09.00-22.00
Kapasitas: 500 orang
Hiburan: Organ tunggal

0 Responses

Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini