Kenyamanan di Ciater Spa Resort



Kawasan Ciater, Subang, menawarkan pesona pariwisata yang luar biasa.  Selain karena memiliki hawa sejuk, di beberapa lokasi terdapat sumber air panas yang bisa digunakan sebagai pengobatan. Ciater Spa Resort adalah salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi.

 Terletak di lembah Gunung Tangkubanparahu di ketinggian 1.050m di atas permukaan laut dengan keunggulan sumber air panas alam dan dikelilingi hijaunya perkebunan teh, menjadikan Ciater Spa Resort sebagai pilihan ideal untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat maupun sebagai tempat untuk gathering, meeting maupun outing. 

Apalagi, tempat ini menyediakan berbagai pilihan rekreasi menarik seperti mandi air panas, berkuda, flying fox, rafting, camping ground, cafe serta bungalow-bungalow yang menawarkan sensasi menginap mengesankan.

 Kiara Hot Spring Pool atau pemandian air panas menjadi salah satu spot wisata menarik di area Ciater Spa Resort. Tempat itu bahkan tidak pernah sepi. Para pengunjung setiap hari berdatangan, terutama pada akhir pekan. Dengan membayar tiket Rp35 ribu, pengunjung bisa sepuasnya menikmati air hangat di beberapa kolam yang tersedia.

Tapi sebelum berendam di kolam tersebut, sebaiknya perhatikan beberapa peraturan yang sudah dipajang di sekitar kolam. Kolam yang memiliki air panas 42 derajat celcius dan  tingkat keasaman pada ph 2.45 tersebut tidak dianjurkan bagi pengunjung lanjut usia atau mereka yang memiliki penyakit seperti diabetes, asma dan darah tinggi. Bagi mereka, dianjurkan hanya bersiram dengan air gayung dengan didampingi petugas medis.

 Rismayanti (38), pengunjung asal Jakarta yang ditemui Warta Kota minggu lalu mengaku mendapatkan sensasi lain berwisata ketika berkunjung ke tempat itu. Ia datang bersama enam anggota keluarganya dan mengatakan tidak lengkap rasanya berwisata ke Bandung tanpa mampir ke kawasan Ciater

‘Sensasi yang paling didapat ya kita bisa berendam di air panas di tengah suasana yang dingin. Suasana di sini juga asri, jarang ditemui di Jakarta,” katanya.

Pengunjung juga bisa menikmati sensasi berkuda di tengah hamparan perkebunan teh yang asri, tentu saja dengan dipandu oleh pawangnya. Atau, cobalah permainan menantang flying fox dan arung jeram yang akan membawa keceriaan berlibur bersama keluarga dan kerabat. Ada empat paket outing yang disediakan, dengan tarif antara Rp175 ribu sampai Rp325 ribu. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, konsumsi serta berendam di kolam aiar panas.




 Dan setelah lelah menikmati wahana-wahana itu, pengunjung bisa bersantap di restoran Kunang-kunang Café dan Kupu-kupu Café.  Jika ingin melengkapi liburan seru bersama dinginnya malam di kawasan Ciater, pengunjung bisa menginap di bungalow-bungalow yang disewakan pengelola. Tarif untuk satu bungalow, rata-rata Rp1 juta.

 Meski sudah memiliki banyak wahana, namun pihak pengelola dalam waktu dekat akan menambahnya. Kata Cucu Sutisna, Duty Manager Ciater Spa Resort, hal ini demi mengatasi persaingan antara pengelola wisata di sana yang semakin ketat dan terpenting untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung.

"Lahan kami masih cukup luas, totalnya 36 hektar dan masih banyak yang belum terpakai. Dalam waktu dekat kami akan bangun Pujasera yang mengelilingi danau buatan milik kami. Ini agar wisatawan semakin mendapatkan pelayanan lengkap ketika datang ke sini,” jelasnya.

Terapi kesehatan
 Ciater Spa Resort hanya salah satu tempat rekreasi di kawasan Ciater. Tetapi, kata Cucu Sutisna, tempat itu punya kelebihan dibandingan pengelola wisata lain yang menjadi kompetitornya di kawasan berhawa dingin itu.

Ciater Spa Resort mempunyai fasilitas unggulan wellness spa yang merupakan perpaduan teknologi modern dengan sumber air panas yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Ini yang membedakan kami dengan pengelola wisata lain di kawasanCiater,” katanya kepada Warta Kota.

Jadi, tegas Cucu, pengunjung Ciater Spa Resort tidak hanya mereka yang ingin berekreasi saja. Banyak orang yang ingin menjalani terapi kesehatan yang disediakan di sana. Pengunjungnya pun kata Cucu datang dari berbagai kota, paling banyak Bandung dan Jakarta.

“Di sini para pasien ditangani oleh tenaga ahli medis dan physiotherapy, sehingga para tamu yang datang bisa berlibur sambil memulihkan kesehatan dan kebugaran. Ada yang sekadar rawat jalan, namun banyak yang sekaligus menikmati liburan dengan menginap di bungalow-bungalow kami,” jelasnya. Menurut Cucu, pihaknya memberikan beberapa layanan dalam wellness spa ini.

Pertama adalah Medical Center & Wellness Spa, yang menangani penyakit yang berkaitan dengan gangguan fungsi gerak dengan modalitas elektro terapi, hydro terapi, kinesi terapi dan magneto terapi. Dalam memberikan pelayanan, para tenaga ahli yang terdiri dari tim kesehatan dokter spesialis, dokter rehabilitasi medik, fisioterapi dan perawat akan melakukan tindakan promotif, preventif dan rehabilitatif dikerjakan oleh.

 Pengobatan sendiri dilakukan menggunakan peralatan medis modern di dalam sebuah gedung seluas +7000 m yang dilengkapi dengan kolam air panas alami di mana penanganan pria dan wanita dilakukan secara terpisah. “Beda dengan kolam rendam yang memiliki tingkat panas mencapai 42 derajat celcius, khusus untuk pengobatan tingkat panasnya hanya 26 derajat celcius. Ini sudah berdasarkan penelitian para ahli,” katanya.

Kemudian ada pula layanan Medical Treatment atau Rehabilitasi Medik. “Layanan ini adalah upaya pemulihan dari kondisi traumatik yang menyebabkan keadaan cacat atau ketidakmampuan melakukan aktivitas fisik layaknya orang normal. Penanganannya dilakukan melalui pendekatan elektro terapi, hydro terapi, kinesi terapi yakni pelatihan anggota gerak secara medik dan magneto terapi.” Adapun jenis penyakit yang biasa ditangani adalah stroke, rematik, linu pada tulang, sendi dan otot, gangguan otot, kasus bedah dan sebagainya.

Selain itu, untuk melengkapi wisata para pengunjung, di Ciater Spa Resort juga tersedia layanan untuk spa dengan nama Beauty Spa Treatment.

Ciater Spa Resort
Jl. Raya Ciater-Subang 41281 Jawa-Barat
Phone: +62 260 470351-55
Tiket Masuk: Rp 11.000/orang

0 Responses

Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini