Resensi: Buku "Cantik Tanpa Lipstik "
penulis : Feryanto Hadi
ISBN : 979-24-994-3
harga : Rp. 30.000

Kecantikan sesungguhnya bukan kemolekan tubuh belaka, tetapi dia itu yang selalu bersembunyi dalam taman hati yang terindah.
Akankah demikian? Cantik fisik di era pencitraan ini masih saja menempati peringkat dominan. Postur tubuh langsing semampai, bodi mulus, paras elok dengan gincu warna-warni, serta atribut kasatmata lainnya merupakan representasi wanita hebat. Deretan kriteria tersebut bermuara pada sebuah predikat: sexy.
Selalukah wanita identik dengan mainstream seperti itu?
Cantik Tanpa Lipstik Seperti Siti Khadijah mengajak Anda menemukan makna sebenarnya tentang wanita sempurna, cantik luar dalam yang mampu memberdayakan segala potensi kesempurnaan dengan berpedoman pada jiwa teguh, akidah puguh, akhlak teduh, dan akal lurus.
Bacaan religi populer ini mencontohkan kehebatan seorang janda kaya yang diperebutkan banyak lelaki untuk dijadikan istri. Walaupun telah dua kali menjanda, sosok ini tetap kharismatik. Mereka saling berebut kesempatan untuk mencoba mendekati wanita tersebut dengan beragam rayuan. Ini tidak aneh karena wanita tersebut memiliki pribadi luhur dan berakhlak mulia. Dialah Siti Khadijah, istri Rasulullah saw. Wanita di zamannya digelari sebagai ”yang suci” ini merupakan sosok yang mempunyai daya pikir tajam, lapang dada, kuat cita-citanya. Ia pedagang kaya yang suka berbuat baik serta menolong orang-orang yang hidup dalam kekurangan. Ia sangat penyantun kepada orang-orang lemah. Dari banyaknya pinangan, Khadijah menolak dengan bijaksana dan halus. Ia memberikan alasan dengan jelas dan tutur kata lembut sehingga laki-laki yang ditolak tidak tersinggung dan hubungan selanjutnya akan tetap baik.
Buku ini menawarkan beragam tuntunan bagi wanita, dari yang masih remaja sampai yang telah berkeluarga; dari ibu rumah tangga hingga wanita karier.
Wanita idealnya berwawasan, kuat, dan beretika. Stigma wanita merupakan makhluk kelas dua, kedudukan di dunia tak ada nilainya, dan tidak memiliki kemampuan setara laki-laki mesti ditepis oleh kelebihan-kelebihannya sebagai makhluk yang penuh kelembutan, kasih sayang, penuh empati. Wanita berilmu sangat dekat dengan pintu kesuksesan. Pikiran yang cerah dan cerdas akan membawa seseorang menikmati hidup lebih baik. Wanita mumpuni mesti percaya diri. Salah satu prinsip wanita sukses adalah kepercayaan diri yang selalu ditanamkan dalam keseharian.
Buku ini mengingatkan kaum wanita agar tidak boros, tidak membelanjakan uang secara berlebihan. Tidak juga membeli barang-barang yang kurang bermanfaat dalam penggunaannya. Sikap boros biasanya kental dengan nuansa penuh gengsi dan kesombongan. Ya, sebuah gaya hidup konsumerisme yang menggurita di negeri ini yang celakanya selalu saja diekspose oleh media, salah satunya lewat sinetron.
Bagaimana seorang wanita menjadi istri? Istri mesti senantiasa menghormati suami, dalam keadaan duka maupun ceria. Wanita yang selalu mempergauli suaminya dengan baik dan taat. Ia juga harus selalu menemani setia dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang penuh kasih sayang. Dialah sosok idaman yang tidak ”menghadirkan” suami ke dalam nuansa ”suami-suami takut istri”.
Di akhir pembahasan, buku ini menyuratkan emansipasi wanita. Wanita tetap harus berkiprah di ranah publik. Wanita tidak hanya sebagai pelengkap hidup atau hiasan yang sebatas dinikmati kaum adam. Wanita sangat berhak menduduki jabatan tertentu dalam berbagai kehidupan. Peran ini pun sudah ada sejak zaman kenabian. Banyak wanita, di era itu, berkecimpung di bidang sosial, ekonomi, politik, dan lain sebagainya; menjadi aktivis perempuan, praktisi politik, hingga petani sukses. (Kompas, Rabu 7 Mei 2008)

Label:
1 Response
  1. aat Says:

    Salam kenal mas ... dua jempol untukmu atas obsesi mulianya dan juga karyanya!
    Terus berkarya untuk memberi arti pada kehidupan, memberi arti pada cinta dan cahaya!


Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini