Lezatnya Janda Kembang di Kedai I Love RI




Beberapa orang terlihat bersantai di meja-meja kayu. Sebagian tampak serius dengan laptop mereka. Sebagian lagi asyik berbincang dengan rekan-rekan mereka. Suasana Kedai I Love RI di Jalan Benda nomer 89, Kemang, Jakarta Selatan tidak seperti cafe pada umumnya. Lebih seperti berada di rumah sendiri. Tenang dan santai. begitulah atmosfer yang saya rasakan ketika berada di kafe itu.

Cafe yang dimiliki penulis sekaligus penyanyi Kartika Jahja ini mengusung konsep retro. Hal ini terlihat dari banyaknya barang-barang recycle yang menjadi property di setiap sudut cafe. Seperti meja, kursi, lampu-lampu gantung, dan beberapa property lain yang membuat nuansa cafe menjadi berbeda.

Di dalam ruangan, konsep yang diusung pun tidak jauh dari nuansa merah putih. Sofa dan kursi-kursi menyajikan perpaduan antara warna merah dan putih. Hal unik lain, lampu-lampu gantung yang ditempatkan di atas meja, menggunakan wadah panci yang semuanya dicat berwarna merah.
Pada minibar yang terletak persis di muka pintu masuk, cangkir-cangkir dengan beraneka gambar digantung. Perpaduan warna merah dan putih pun tampak di bagian bar tersebut.

Ruangan bagian belakang mengusung konsep yang indah. Meja dan kursi kayu degan gaya klasik, tertata rapih. Pada dinding ruangan terdapat hiasan-hiasan maupun property yang 'sangat tradisional', seperti adanya teko, rantang, ceret, toples dan sebagainya. Selain itu, di salah satu bagian dinding, terdapat kolase dari berbagai bungkus biskuit.



Adapun warna merah dan putih yang dominan dalam cafe, kata Leonardo FA selaku Operatios Manager Kedai karena sang pemilik memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. "Beliau juga penyuka warna merah," katanya , Kamis (14/8).

Tempat ini, katanya, kerap digunakan oleh masyarakat untuk menikmati waktu santai, terutama bersama rekan-rekan mereka. "Dari tempat kumpul masyarakat biasa, sosialita hingga artis seperti Luna Maya, Indie Barents, Nicholas Saputra dan sebagainya," katanya.

Mengusung konsep yang unik, Kedai I Love RI juga menjadi langganan untuk menjadi tempat pemotretan prewedding."Kita beri ruang untuk pemotretan prewedding namun hanya pagi sampai siang saja. Karena pada siang hari pelanggan kami mulai ramai, takut sesi pemotretan mengganggu pelanggan," jelasnya. Biaya sewa untuk pemotretan prewedding Rp250.000 untuk dua jam.
Sore hari menjadi waktu dimana masyarakat memadati cafe itu untuk bersantai. Dari 70 seat di sana, pada waktu tersebut kerap terisi penuh.

"Kenyamanan dan keunikan tempat menjadi alasan tempat ini selalu ramai.   Apalagi di kawasan ini tidak bising, tenang. Kami juga berikan wifi gratis dengan kecepatan tinggi untuk menemani waktu bersantai pelanggan," katanya.

Menu unik
Banyaknya cafe yang terdapat di daerah Kemang membuat para pemilik harus pintar-pintar mengatur strategi untuk menggaet pelanggan. Sejak didirikan pada 2007 silam, Kedai I Love RI kata Leonardo mampu bersaing dengan puluhan cafe lainnya yang berada di sekitarnya. Hal itu. Dibuktikan dengan jumlah pelanggan yang relatif stabil.

Selain itu, menu-menu yang ditawarkan di kedai ini pun unik. Dalam tema Smoothies, beberapa minuman mengusung nama unik, seperti Manis Manja (Strawberry, pisang,Cranberry), Gadis Lugu (Kiwi, Strawberry), Duda Kaya (nanas, strawberry, pisang), Janda Kembang (lychee,strawberry, sirsak), Benci Tapi Rindu (kiwi, anggur), Rayuan Maut (strawberry, nanas, jambu) dan Berry Prima (blueberry, semangka).





Kata Leonardo, penamaan menu tersebut mengandung makna filosofis tersendiri. Seperti misalnya Janda Kembang, dimana kata Leonardo makanan tersebut memiliki rasa legit dan hot.

"Janda kembang dalam arti sesungguhnya selalu diidentikan dengan warna merah, begitu juga makanan yang kami namakan Janda Kembang ini. Rasanya, legit dan hot."

Sedangkan menu Gadis Lugu, menurutnya, memiliki rasa yang lebih soft atau lembut. "Gadis lugu selalu identik dengan kelembutan dan pembawaan yang tenang," jelasnya.

Menu lain yang unik, yakni Nasi Goreng Jumat Kliwon dan Nasi Goreng Rabu Pahing. Selain agar bernuansa lokal, penamaan dua menu unggulan tersebut agar mudah diingat sebagai makanan favorit di Kedai I Love RI.

Penamaan unik juga untuk menu-menu makanan. Manajemen menamakannya Makanan Pengusir Lara.

Terdapat beberapa menu makanan yang bisa dicicipi, seperti Bread Pudding yakni perpaduan antara roti, telur dan susu yang disulap menjadi penganan manis yang hangat dan lembut, ditambah taburan bubuk kayu manis dan whipped cream. Makanan ini dipatok Rp30.000.

Minuman Late Art menjadi menu favorit lain di kedai ini. Selain rasanya yang enak, minuman ini juga dipercantik dengan gambar-gambar indah pada lapisan atasnya. Selain itu, beberapa minuman pilihan lain bisa menjadi teman bersantai seperti Caramel Latte, Rasberry Latte, Hazel Latte, Iced Caffe Mocha, Iced Caffe Latte, Lady Marmalatte, The Mexican Swirl dan sebagainya. Atau kopi panas Espresso, Caffe Latte, Cappuccino, Caffe au lait, Blackforrest Mocha, Americano

Bagi yang ingin sekadar nongkrong sambil menikmati teh, tersedia beberapa minuman bercitarasa Indonesia seperti teh poci, classic tea, flavoured tea, the tarik, lyce Coctail Tea dan sebagainya.

Kedai I Love RI

Jalan Benda Raya No89, Kemang, Jakarta Selatan
Phone: 02191272243
Email: kedaikemang89@gmail.com
Jam Operasi: Minggu-Kamis: 09.00-00.00, Jumat-Sabtu:09.00-01.00
Kapasitas: Standing:100, Seat: 70
Range Harga: Rp11.000-Rp50.000
MenuFavorit: Nasi Goreng Jumat Kliwon, Nasi Panggang Kebun, Double Grilled Cheese Sandich,  Late Art
Event: Nonton Bareng, Live Music

0 Responses

Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini