Serasa Makan di Rumah Belanda




Selama ratusan tahun Belanda menduduki Indonesia. Selama itu pula banyak peninggalan-peninggalan, baik dalam bentuk fisik maupun ilmu. Bahkan, tidak sedikit bangunan peninggalan Belanda yang kini menjadi tempat bersejarah atau bahkan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat.

Nuansa Belanda inilah yang coba diusung oleh Cafe Goed Koop, di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Mencoba mencari diferensiasi daripada konsep cafe lainnya, Goed Koop ingin mengajak pengunjung merasakan sensasi bersantai atau bersantap menu-menu spesial layaknya di dalam rumah milik orang Belanda.

Dari depan, kaca-kaca berukuran besar sudah bisa memantik rasa penasaran. Masuk ke dalam kafe, suasana berbeda akan dijumpai. Sebuah perpaduan antara inteerior khas bangunan Belanda dengan ornamen-ornamen tradisional mampu membuat perpaduan yang menarik. Sebuah joglo berukir khas Jepara berdiri kokoh tepat di bagian dalam pintu masuk. Lurus dari pintu itu, pandangan segera tertuju ke sebuah bar. Deretan kursi dn sofa memenuhi area cafe.

"Kami sengaja tempatkan sofa-sofa khas Belanda, kursi dengan gaya tradisional yang dipadukan dengan oenamen-ornamen lain seperti kaca berukuran besar, telepon klasik dan berbagai ornamen lain," kata Thanya Ponggawa, owner Cafe, kepada Warta Kota, Rabu (17/7).

Dinding-dinding bercat putih dipadu bersama hiasan pepohonan di beberapa sudut ruangan, menciptakan suasana cozy di dalam cafe.

Sementara itu, hiasan keramik dengan berbagai gambar tampak menempel rapi di beberapa bagian dinding. Di beberapa sudut lain juga terlihat ornamen khas Belanda lain seperti sepeda yang kerap digunakan perempuan Belanda, kotak-kotak bernuansa klasik, serta adanya piano klasik yang ditempatkan di area depan cafe.

Pada kunjungan saya siang itu, beberapa orang tampak berbincang santai di ruangan bagian dalam. Di deretan kursi depan bar atau area smooking, tawa kerapkali pecah di tengah perbincangan beberapa lelaki.

Murah


Di kawasan Bendungan Hilir terdapat banyak perkantoran dan hunian. Menurut Thanya, minimnya cafe di kawasan itu membuat dirinya bersama dua sahabatnya, Andra Hanfiah dan Avanda Hanafiah memutuskan membuka cafe di sana setahun silam.
Dengan konsep yang unik, tak butuh lama bagi Goed Koop untuk menjaring pelanggan. Sampai saat ini, cafe itu sudah menjadi langganan banyak orang, termasuk expatriat yang tinggal atau bekerja di sekitar Bendungan Hilir.

Lalu apa yang membuat tempat ini menarik, selain menawarkan desain tempat yang unik?

Thanya menyebut, sesuai namanya, Goed Koop, cafe itu menyajikan menu-menu spesial dengan harga yang terjangkau untuk ukuran cafe dengan segmen midle-up.

"Untuk range harga minuman Rp11.000 sampai Rp30.000. Sedangkan harga makanan antara Rp10.000 sampai Rp70.000. Dibanding cafe lainnya, jelas cafe ini lebih terjangkau," kata Thanya.

Panekoek menjadi salah satu menu favorit. Pancake khas Belanda ini jarang ditemukan, kecuali di restoran yang memang menyediakan menu khs Belanda.

"Kalau minuman, kita ada yang namanya Beng-beng. Selain itu, selama moment Ramadan ini kami menyediakan fee takjil," kata Thanya.


Goed Koop juga menyediakan menu dengan tema-tema lokal yang berganti setiap hari-hari tertentu. Setiap senin, tersedia Nasi Timbel berisi ayam goreng, tempe kering, ikan asin.
Selasa dan Sabtu, tersedia Nasi Jamblang, sebuah paket makanan berisi semur daging, sambal goreng udang dan kentang.

Lalu, pada Rabu tersedia Sego Goedkoop, yakni nasi merah, ayam, empal, acar wortel dan timun. Pada Kamis dan Minggu, tersedia Nasi Bali yang berisi sate lilit, ayam suwir, kering tempe. Sedangkan hari Jumat, tersedia  Nasi Serundeng yang berisi serundeng, ayam, teri kacang, telor dadar. Harga untuk paket menu tradisional ini hanya Rp29.000.

"Kita juga selalu upayakan ada menu-menu dengan tema khusus untuk merayakan hari istimewa, seperti sekarang bulan Ramadan, Valentin, Hallowen dan moment lain," katanya.

Selain itu, tersedia menu dengan tema Broodje, meliputi Plain Toast, Topping, Kaya Met Kaas, Kaas Toaste dan
Broodje. Ada pula aneka Salad yakni Corn-Potato Chowder, Chicken Popcorn Salad, House Salad.

Menu dengan tema All Day Breakfast juga patut dicoba jika berkunjung ke kafe ini. Pilihan makanan dengan harga terjangkau terdapat dalam tema ini sperti  Crunchy Corn Flakes Toast (27), Omelet With Patate (25), Scamble, Egg on Toast (32), Scramble Zalm (38), Hash and Egg (38), Egg Pesto Benedict (32), Warm Reuben Sandwich (32).

Untuk menu berbeda, pengunjung bisa mencicipi kelezatan Goed Koop Spaghetti (42), Chicken Creamy Pesto Spaghetti (39), Spaghetti Aglio Olio (39),Oven Crusted Cheese (28), Gourmed Indomie (20), Goodkoop Burger (45), Fish and Chip (39), Steak and Egg (65), Chicken Steak (47), Salmon Steak (70)

Tersedia juga aneka minuman seperti
Ekspresso (12), Koffie Late (20), Kopi, Luwak (45), Vanilla Late (24), Avocado (29,5), Caramel (29,5), Mchachino (29,5), Oreo (29,5), Avocado Green Tea (29,5), Beng-beng (unggulan 29,5), Caramel Creme (29,5), Green Tea (35), Pindakaas (29,5),Nutella (29,5). (fha)


Goed Koop

Jalan Bendungan Hilir Raya No62 Jakarta Pusat (021 5734430). Goedkoopjkt@gmail.com

Senin-Kamis 10.00-22.00,
Jumat-Sabtu 10.00-23.00,
Minggu: 07.00-22.00

0 Responses

Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini